Doa sehari-hari Allah, Tuhan bagi Umat Islam, Kristen, Hindu, Budha Sebelum Sesudah Kegiatan baik Latin maupun Tulisan Arab. Semoga menjadi Doa Mustajab.

Waktu Puasa yang di Haramkan dalam Islam


Selain ada puasa wajib juga ada puasa sunah yang diperintahkan Allah pada hambanya, namun kali ini akan membahas larangan puasa dala agama islam.

Adapun waktu haram berpuasa dalam islam diantaranya saat idul adha dan juga idul fitri. namun kapan saja waktu itu akan di ulas dalam penjelasan lebih lanjut.

Tentu diharamkannya berpuasa, ada alasan tersendiri begitu juga dengan puasa yang dimakruhkan. Namun lain kali puasa yang dimakruhkan akan dibahas.

Macam-macam-puasa-haram-dalam-islam

Puasa-Puasa yang dilarang (Haram) hukumnya oleh Agama Islam

a. Puasa pada dua hari raya

Dari Abu Ubaid hamba ibnu Azhar berkata: Saya menyaksikan hari raya (yakni mengikuti shalat Ied) bersama Umar bin Khattab r.a, lalu beliau berkata:”Ini adalah dua hari yang dilarang oleh Rasulullah saw. Untuk mengerjakan puasa, yaitu hari kamu semua berbuka dari puasamu (1 Syawwal) dan hari yang lain yang kamu semua makan pada hari itu, yaitu ibadah hajimu.(Shahih Bukhari, jilid III, No.1901)

b.  Puasa seorang wanita dengan tanpa izin suami

Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. bersabda: “Tidak boleh seorang wanita berpuasa sedangkan suaminya ada di rumah, di suatu hari selain bulan Ramadhan, kecuali mendapat izin suaminya.”[13](Sunan Ibnu Majah, jilid II, No.1761)

Pengertian Dzulhijjah

Zulhijah (Bahasa Arab: ذو الحجة, transliterasi: Dzulhijjah), adalah bulan keduabelas dan terakhir dalam penanggalan hijriyah. Umat Islam berbeda pendapat dalam menentukan awal Zulhijah. Ada yang menggunakan hisab, rukyah, maupun mengikuti penetapan awal Zulhijah di Arab Saudi.

Arti penting

  • Pada tanggal 9 bulan ini, umat Islam yang beribadah haji melakukan wukuf di Arafah, sementara yang tidak beribadah haji disunahkan agar berpuasa Arafah.
  • Pada tanggal 10 bulan ini, umat Islam memperingati hari raya Idul Adha (di Indonesia dikenal dengan nama hari raya kurban)
  • Pada bulan ini juga para pemeluk agama Islam menunaikan Ibadah Haji ke tanah suci Mekkah yakni antara tanggal 8 hingga 12.

Demikian penjelasan tentang beberapa puasa yang diharamkan oleh ajaran islam beserta penjelasanya. Jika ada yang kurang tepat mohon dikoreksi. Baca juga 15 Hikmah Manfaat Puasa.




Waktu Puasa yang di Haramkan dalam Islam
About
Waktu Puasa yang di Haramkan dalam Islam , kategori: Puasa Ramadlan, Puasa Sunnah - ditulis: at: . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2016 Sekumpulan Doa