Doa sehari-hari Allah, Tuhan bagi Umat Islam, Kristen, Hindu, Budha Sebelum Sesudah Kegiatan baik Latin maupun Tulisan Arab. Semoga menjadi Doa Mustajab.

Puasa dan Amalan Penting dan Utama di Bulan Nisfu Sya'ban Bagi Orang Islam



Sya'ban merupakan salah satu bulan yang istimewa. Ada berbagai momen dan peristiwa penting di bulan Sya'ban yang memperkuat keistimewaannya.
Sya'ban adalah salah satu bulan yang istimewa, meski bukan termasuk empat bulan yang dimuliakan dalam Islam. Keistimewaan Sya'ban seringkali tersamar karena diapit oleh dua bulan mulia, yakni Rajab dan Ramadhan.

Padahal, Sya'ban juga bulan yang istimewa. Ada berbagai momen dan peristiwa penting di bulan Sya'ban yang memperkuat keistimewaannya.

Salah satunya yakni Nisfu Sya'ban. Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada malam Nisfu Sya'ban dan hari pertengahan Sya'ban, persis di tanggal 15.

Sya'ban juga merupakan gerbang Ramadhan. Yang jarang diketahui, ternyata ada peristiwa penting yang terjadi di akhir-akhir Sya'ban.

Menukil laman NU, peristiwa ini adalah turunnya satu ayat Al-Qur'an yang menjelaskan tentang kehebatan dan keluarbiasaan Rasulullah SAW. Firman Allah tersebut adalah QS Al Ahzab: 56 yang artinya:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”.

Dalam ayat ini Allah memerintahkan kepada seluruh kaum muslimin umat Rasulullah SAW untuk bersama-sama membaca sholawat. Jangankan manusia malaikat dan Allah pun bersholawat kepada Nabi sebagai wujud cinta dan sayang.

Amalan Nisfu Syaban


Selain berpuasa, ada tiga amalan lain yang bisa mendatangkan pahala di malam Nisfu Syaban. Berikut amalannya seperti dirangkum dari laman NU.
1. Perbanyak berdoa

Di malam Nisfu Syaban, umat Muslim diharapkan memperbanyak berdoa kepada Allah Swt. Sebab InsyaAllah, apa yang menjadi doanya bisa dikabulkan oleh Allah Swt.

Terutama jika berdoa untuk memohon ampunan kepada-Nya, maka tidak ada yang tidak mungkin akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah Swt.

"Pada malam Nisfu Syaban Allah SWT memperhatikan seluruh makhluk-Nya, Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan." (HR Thabrani, Daruquthni, Baihaqi, dan Ibnu Hibban)

2. Perbanyak membaca syahadat

Melafalkan dua kalimat syahadat sangat baik bila diamalkan di malam Nisfu Syaban. Dirujuk dari Sayyid Muhammad bin Alawi dalam kitab Ithmi'nânul Qulûb Bidzikri 'Allâmil Ghuyûb yang menyatakan:

"Seyogyanya seorang Muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah, khususnya bulan Sya'ban dan malam pertengahannya."

3. Beristigfar

Amalan terakhir yang bisa dilakukan yaitu memperbanyak beristigfar. Misalnya beristigfar tiap habis sholat fardu dan sunah atau kapan saja ketika melakukan berbagai kegiatan.

"Istigfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Sya'ban dan malam pertengahannya. Istigfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Al Quran dan hadis. Pada bulan Sya'ban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan."

4. Berpuasa

doa buka puasa Nisfu Syaban

Terdapat dua versi doa berbuka puasa yang bisa dilafalkan, lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan artinya.

Doa buka puasa versi 1

ذَهَبَ الظّـَمَأُ وَابْتَلّـَتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Dzahabazh zhoma'u wabtallatil uruqu wa tsabatal ajru insya Allah.

Artinya: "Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan, semoga ada pahala yang ditetapkan, jika Allah menghendaki."

Doa buka puasa

اَللّٰهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allaahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birahmatika yaa arhamar-roohimiina.

Artinya: Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah yang Tuhan Maha Pengasih.

Itulah bacaan amalan dan doa berbuka puasa Nisfu Syaban yang dilengkapi dengan amalan lain untuk dilakukan oleh umat Muslim.




Puasa dan Amalan Penting dan Utama di Bulan Nisfu Sya'ban Bagi Orang Islam
About
Puasa dan Amalan Penting dan Utama di Bulan Nisfu Sya'ban Bagi Orang Islam , kategori: Amalan Doa, Doa Puasa, Puasa Sunnah - ditulis: at: . And has 0 comments
Next Older Post
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2016 Sekumpulan Doa