Doa sehari-hari Allah, Tuhan bagi Umat Islam, Kristen, Hindu, Budha Sebelum Sesudah Kegiatan baik Latin maupun Tulisan Arab. Semoga menjadi Doa Mustajab.

Doa Hindu Panca Sembah


Doa Panca Sembah Agama Hindu – Dalam doa Hidu mempunyai doa seperti agama lain dalam doa sehari-hari yang kali ini akan di ulas oleh Sekumpulan Doa.

Panca sembah merupakan salah satu doa hindu yang di baca oleh agama hindu dalam persembahyangan bersama umat Hindu. Pangubaktian/Sembah yang dilaksanakan pada umumnya juga dilakukan sebanyak lima (5) kali yang disebut dengan Panca Sembah yang kurang lebih artinya lima (5) kali melakukan sembah terhadap Ida Sanghyang Widhi Wasa maupun terhadap Dewa, Dewi, Bhatara dan Bethari yang beristana di suatu tempat suci dilakukannya persembahyangan.

  Doa--Agama-Hindu-Panca-Sembah

Doa Panca Sembah tanpa sarana :

Om àtmà tattwàtmà sùddha màm swàha

Artinya: Oh Hyang Widhi, atma atau jiwa dan kebenaran, bersihkanlah diri hamba…

 

Cara Panca Sembah Ibadah Agama Hindu

Sebelum panca sembah dilaksanakan didahului dengan pengambilan sikap yaitu duduk dengan tenang yang disebut Asana, kemudian diikuti dengan pembersihan tangan yang disebut dengan Karasodhana, penyucian mulut yang disebut dengan Waktra Sodhaya dan Pranayama yaitu pengaturan nafas agar pikiran menjadi tenang dan mampu berkonsentrasi kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa. Baru kemudian mengikuti rangkaian Panca Sembah dengan urutan sebagai berikut:

  1. Muspa/Sembah Puyung atau Kosong
  2. Muspa/Sembah dengan Bunga, kehadapan Sanghyang Ciwa Raditya sebagai upesaksi
  3. Muspa/Sembah dengan Bunga/Kewangen kehadapan Sang Hyang Widhi
  4. Muspa/Sembah dengan Bunga/Kewangen kehadapan Sang Hyang Widhi dan Dewa Samudaya untuk mohon waranugraha

Muspa/Sembah Puyung atau Kosong kembali untuk menghaturkan terima kasih atas Anugrah yang telah dilimpahkanNya.

Setelah persembahyangan yang diakhiri dengan nunas tirta dan bija, perasaan menjadi tenang apalagi ada berkat berupa lungsuran sesajen seperti aneka buah dan kue menambah keceriaan bila selesai sembahyang. Suasana ini begitu nikmat apalagi bersembahyang dilakukan bersama keluarga dan kerabat maupun berkelompok dengan teman-teman.

Rangkaian Panca Sembah merupakan satu kesatuan yang utuh yang dilakukan berurutan dan wajib dilakukan, baru persembahyangan itu dinyatakan selesai yang diakhiri dengan nunas Wasuhpada (Air Suci) dan Bija sebagai simbul berkah Hyang Widhi yang dibagikan oleh para Pemangku kepada seluruh peserta Panca Sembah.

Demikian uraian singkat Doa Hindu Panca Sembah yang bisa kami dalam blog ini semoga masukan dan saran kami terima dengan komentar yang membangun dalam perbaikan bersama.




Doa Hindu Panca Sembah
About
Doa Hindu Panca Sembah , kategori: Doa Hindu - ditulis: at: . And has 0 comments
0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2016 Sekumpulan Doa